UMKM Adalah Roh Ekonomi Nasional

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM (SesmenkopUKM) Rully Indrawan memperjelas aktor UMKM adalah nyawa dan arwah untuk perkembangan ekonomi nasional, jangan kecilkan dan rendahkan mereka, janganlah dianggap remeh aktor UMKM. agen slot online terpercaya

Kata Rully, 64 juta aktor usaha yang berada di Indonesia, 99,99 % salah satunya ialah UMKM. Dari jumlah itu, 90 % adalah aktor usaha mikro, seperti pedagangan kaki lima, penjual bakso, dan lain-lain. UMKM sanggup meresap tenaga kerja sekitar 97 %.

“Kecuali jangan memperkecil peranan UMKM, dianya ajak kelompok universitas untuk menyiapkan diri jadi aktor usaha. Disamping itu, memerlukan peraturan yang memihak pada UMKM. Nampaklah yang diberi nama UU Cipta Kerja,” kata Rully, Selasa (1/12/2020).

Menurut dia di tengah-tengah wabah seperti saat ini, pemerintahan harus ada di muka. Sebab, cuman berbelanja pemerintahan yang dapat gerakkan ekonomi. Karena itu, peruntukan APBN juga alami refocussing. Yaitu, untuk jala pengaman sosial, kesehatan, dan perbaikan perekonomian.

“Yang pertama diincar ialah UMKM. Sekarang ini, seluruh menteri konsentrasi dan berbicara UMKM. Sebab, di periode wabah ini, yang sanggup gerakkan ekonomi bangsa cuman UMKM,” ucapnya.

Untuk usaha mikro, sekarang ini telah nikmati Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) sebesar Rp2,4 juta perorang. Ada yang berjualan di sekolah, tetapi sekolahnya tutup, hingga modal terkikis untuk keperluan setiap hari. Pemerintahan datang lewat program hibah BPUM.

Tahun ini, sudah dipersiapkan sebesar Rp28 triliun untuk 12 juta aktor usaha mikro yang dapat memperoleh Banpres Produktif. “Tahun depannya, In Syaa Allah, akan ditambahkan lagi. Sebab perlu stimulan-stimulus supaya ekonomi bergerak,” katanya.

Selain itu, ada pula program rileksasi credit, bantuan bunga, dan yang lain. Untuk koperasi, ada LPDB KUMKM. Semuanya dikerjakan supaya ekonomi warga dapat jalan dan bergerak. Aktor ekonomi harus bangun kembali.

Hal tersebut digerakkan sebab rontoknya usaha UMKM tidak cuma dari segi suplai saja, tetapi terserang pada segi keinginan.

Updated: January 9, 2021 — 5:15 am

Leave a Reply

Your email address will not be published.