Taktik Militer

Dalam aktivitas ini seluruh pihak sudah tentukan taktik dan pengaturan di depan untuk mengahadapi prediksi musibah banjir.

Kejadian banjir yang menempa daerah DKI jakarta pada tahun 2020 memunculkan jumlah pengungsi sejumlah 36.445 jiwa dan rugi ekonomi yang cukup banyak. Ini kata Luhut harus jadi referensi untuk menyiapkan segala hal supaya lebih bagus kembali.

“Musibah banjir ini jadi pekerjaan besar untuk kita, hingga kita harus siap dengan bermacam peluang yang akan berlangsung di muka,” kata Luhut.

BMKG akan lakukan laporan saat itu juga berkaitan keadaan hujan ke semua kementerian dan instansi berkaitan. Ini bisa menjadi peringatan untuk siap waspada jalankan taktik pada gerakan air dalam musibah banjir.

Disamping itu TFG lakukan replikasi berkaitan evakuasi yang disamakan dengan prosedur kesehatan Covid-19. Ini dikerjakan untuk menahan timbulnya cluster baru dalam penebaran virus corona.

“Diinginkan kita tidak memunculkan cluster baru dari ada gelombang evakuasi” katanya.

Hingga perlu ditegaskan tiap warga harus sama-sama menjaga dengan masih mengaplikasikan prosedur kesehatan. Karena itu Kementerian Kesehatan melalui Dinas Kesehatan wilayah tetap akan mendidik warga di evakuasi dalam implementasi prosedur kesehatan.

Luhut minta aktivitas TGF ini selaku momen untuk mengawali tindakan, perlakuan, dan bekerja sama di antara stakeholder dalam kurangi resiko musibah banjir.

Meeting bersama BNPB ini didatangi langsung oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Sosial Juliari P. Batubara, Kepala BNPB Doni Monardo, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, dan Asops Panglima TNI.

Presiden menunjuk Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan untuk isi status sesaat Menteri Kelautan dan Perikanan.

Updated: January 12, 2021 — 4:25 am

Leave a Reply

Your email address will not be published.