Pelabuhan Patimban

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Kreasi Sumadi mengutamakan, pembangunan sumber daya manusia (SDM) jadi salah satunya faktor penting dalam pembangunan teritori Dermaga Patimban.

Oleh karenanya kita memiliki komitmen membuat Patimban ini sukses,” terang Menhub Budi dalam siaran virtual, Senin (30/11/2020).

Bermacam langkah dikerjakan pemerintahan, lewat Kementerian Perhubungan dan stakeholder yang terjebak, untuk tingkatkan kualitas SDM di teritori dermaga Patimban, terutamanya di Subang, Jawa Barat.

Misalkan, dengan merencanakan membuat sekolah maritim di Patimban. Nanti, Kemenhub dan Pemda Jawa Barat akan bekerja bersama dengan Glasgow City College dalam pembangunan sekolah itu.

Lalu, pengadaan training untuk warga di tempat, sesuai karier mereka semasing.

“Pelatihann itu terkait dengan kapabilitas seperti bapak-bapak nelayan, penjual produk ikan, untuk restaurant, yang ibu-ibu membuat kerajinan, dan lain-lain,” terangnya.

Kenaikan kualitas SDM ini akan bersama-sama dengan terbukanya lapangan pekerjaan di teritori dermaga Patimban, Menhub pastikan, 200.000 lapangan pekerjaan akan terbentuk di situ.

“Jadi usaha training ini bukanlah basa basi tetapi bagaimana kita pengin warga Patimban maju, sama majunya dengan dermaga (yang dibangun),” pungkas Menhub Budi.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Kreasi Sumadi menjelaskan, pembangunan dermaga Patimban adalah salah satunya project vital nasional (PSN) yang mempunyai periode saat yang panjang.

Project ini ditarget selesai keseluruhannya pada 2027 kedepan. Menhub ngomong, waktu itu, dermaga Patimban akan sama besar dan sibuknya seperti dermaga Tanjung Priok sekarang ini.

Bahkan juga, Kementerian Perhubungan akan membuat sekolah maritim di situ.

“Dapat dipikirkan aktivitas di situ, load kendaraan, tenaga kerja yang dapat kita tampung bahkan juga kita pengin bangun sekolahan di situ agar warga Subang dan Jawa Bara jadi orang yang mahir di dunia dermaga,” terang Menhub.

Menhub Budi sendiri menarget, pembangunan dermaga ini dapat membuat 200.000 lapangan kerja, baik tenaga kerja di dermaga atau industri sekelilingnya.

Updated: January 12, 2021 — 4:24 am

Leave a Reply

Your email address will not be published.